Jakarta – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak pemilih pemula untuk menggunakan hak suara. Ajakan ini disampaikan Yaqut saat menghadiri Pemilove, Doa Bersama untuk Pemilu Damai yang digelar di JI Expo, Jakarta.

“Kami mengajak pemilih pemula untuk
memilih presiden dan wakil rakyat sesuai dengan hati nurani mereka,” ujar Menag Yaqut, Senin (12/2/2024).

“Dan kita mendorong ini agar pemilih-pemilih pemula ini tidak golput. Harus menggunakan hak suaranya, jangan sampai tidak datang,” imbuhnya.

Pemilove merupakan kegiatan yang diinisiasi Kementerian Agama dan diikuti kurang lebih 3.000 peserta, terdiri atas para remaja, pelajar, mahasiswa, dan santri. Acara yang menghadirkan bintang tamu Habib Jafar dan Onadio Leonardo ini juga diikuti para pemuda perwakilan organisasi kepemudaan lintas iman, serta para tokoh pimpinan organisasi masyarakat dan organisasi keagamaan dari enam agama di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat, khususnya para pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya sekaligus berdoa untuk kedamaian Pemilu 2024.

“Ini (pemilu) adalah momentum yang datang lima tahun sekali dan sangat menentukan nasib bangsa. Kita mau teman-teman muda ini untuk ikut terlibat dalam menentukan nasib bangsa melalui pemilu,” ungkap Menag.

Dalam Pemilove, para pemuda lintas agama juga melangitkan doa bagi kesuksesan dan kedamaian Pemilu 2024.

“Kita doa bersama agar pemilu 14 Februari dan paska 14 Februari nanti berlangsung dengan damai, dengan jujur, adil dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang benar-benar mencintai rakyatnya,” tutur Menag. (Red)