Tommy Suharto Yang Mendanai Makar? Ini Penjelasan Kapolda Metro Jaya

Foto : Kapolda Metro Jaya

Jakarta – Rencana makar yang digagalkan oleh Polda Metro Jaya disebut-sebut ada yang mendanai. Kini penyidik Polda Metro tengah fokus membidik siapa dalang yang mendanai aksi yang hendak memanfaatkan massa 212 untuk menduduki DPR itu.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Mochammad Iriawan menjelaskan bahwa ia telah melihat gambar skema pendana makar yang beredar di media sosial dan yang menjadi sumber pendanaan makar adalah Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.

“Ya jangan dulu lah, kalau belum jelas ya jangan spekulasi macam-macam,” ujar Iriawan di Jakarta Utara, Jumat (9/12/2016).

Ketika ditanya apakah kemungkinan benar Tommy terlibat dalam aksi makar itu, Kapolda Metro Jaya berharap tidak ada yang saling menuduh di perkara ini.

“Bukan, belum lah belum. Itu kata siapa? Gak boleh lah nuduh orang. Perlu bukti dong. Jangan nuduh,” tegas mantan Kapolda Jabar ini.

Namun menurut Iriawan, tak menutup kemungkinan informasi yang beredar di medsos itu benar, meski begitu harus diperlukan pembuktian terlebih dahulu.

“Bukan, tapi gak boleh nuduh. Nanti kalau sudah ada baru kita buka. Kalau gambar orang bisa buka, semua juga bisa. Jangan percaya media sosial ya. Menyesatkan lah. Kalau orang enggak terlibat lalu dituduh, kan gak enak,” ujar Iriawan lagi.

Sebelumnya, Polri telah menetapkan sejumlah tokoh sebagai tersangka upaya makar, yaitu Sri Bintang Pamungkas, Kivlan Zein, Adityawarman Thaha, Rachmawati Soekarnoputri, Ratna Sarumpaet dan Firza Huzein. (Net/A1)