Menko Polhukam: Seluruh Tembagapura Telah Dikuasai Pemerintah

Menko Polhukam Mahfud MD dalam sebuah kesempatan wawancara bersama wartawan. Sumber: Istimewa

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan bahwa Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, sekarang telah seluruhnya dikuasai pemerintah pasca baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Tembagapura sekarang sepenuhnya sudah dikuasai pemerintah. Pemerintah telah berhasil menguasai,” katanya, di Jakarta, Rabu (18/3/20).

Mahfud menyampaikan pernyataan tersebut melalui video pressconference yang dikirimkan melalui WhatsApp Grup Kemenko Polhukam.

Mengenai kontak tembak yang masih sering terjadi di Papua, Mahfud mengakui sebagai ulah KKB yang diselesaikan dengan pendekatan keamanan dan ketertiban.

“Oleh sebab itu, ditangani oleh polisi, aparat keamanan, di-‘follow up’-lah. Ada yang sudah ditangkap,” katanya.

Artinya, kata dia, pendekatan keamanan dan ketertiban seperti biasa dilakukan sebagai langkah penegakan hukum, termasuk terhadap tindakan yang dilakukan KKB.

Akan tetapi, Mahfud mengatakan bahwa pendekatan yang dilakukan pemerintah di Papua tetap mengutamakan pada pendekatan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, sempat terjadi baku tembak selama dua hari antara aparat keamanan dan KKB di Kali Bua Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Baku tembak yang terjadi pada Sabtu-Minggu (14-15/3/20) tersebut dikabarkan menewaskan empat anggota KKB. (Ant)