Enam Remaja Alay di Jateng Yang Shalat Diatas Motor Dikenakan Wajib Lapor

Foto : Remaja Alay Shalat Diatas Motor

Jepara, Jawa Tengah – Enam remaja di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, harus berurusan dengan kepolisian menyusul unggahan mereka di jejaring sosial Facebook yang dinilai meresahkan.

“Enam orang, sudah kami datangi rumahnya,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jepara, AKP Suwarsono di Jepara, Selasa (6/12/2016).

Kasat Serse membenarkan unggahan foto meresahkan yang berpotensi meresahkan masyarakat tersebut dan pelakunya adalah KM (15), MA (16), MJ (15), MS (15), RK (16), dan DC (16).

Unggahan foto para pelaku tentang pose salat di tengah jalan tersebut pertama kali dilakukan oleh KM. Foto tersebut kemudian menyebar dan menghiasi sejumlah laman facebook.

Suwarsono mengatakan anggotanya telah mendatangi rumah KM dan meminta kelima temannya untuk datang. Dalam pertemuan di rumah KM tersebut para pelaku ditanya tentang maksud mereka mengunggah foto dengan pose meresahkan itu.

“Katanya untuk gaya-gayaan, biar terkenal,” katanya.

Selanjutnya, Suwarsono mengatakan bahwa keenam remaja tersebur dibawa ke Polres Jepara untuk didata dan dibina. Dalam pemeriksaan, keenam remaja itu, tidak bermaksud melecehkan agama Islam. Foto tersebut, diambil di sekitar objek wisata Pantai Kartini sekitar sepekan lalu. Meski tidak diproses hukum, keenamnya tetap diminta untuk wajib lapor setiap hari Senin dan Kamis.

“Yang penting mereka tidak punya tujuan jahat, masyarakat tidak perlu resah,” katanya. (Ant/A1)