Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia mencatat jumlah investor aset digital (cryptocurrency) hingga mei 2021 mencapai 6,5 juta pengguna di Indonesia, dengan nilai transaksi menembus Rp 370 triliun.

Pesatnya perkembangan cryptocurrency, melahirkan banyak cryptocurrency baru di Indonesia yang menggunakan teknologi blockchain. Salah satunya adalah token CYN yang diciptakan untuk mendukung perkembangan komunitas media siber lokal.

“Kita telah publish 10 Triliun token CYN pada 9 Agustus 2021 pukul 13:35:24 UTC. Kehadiran token CYN dimaksudkan untuk mendukung komunitas media siber di Indonesia. yaitu, pemilik media siber, karyawan, wartawan, dan penggiat pers mahasiswa,” ujar Gusti Rahmat, CEO Cyber Network (CYN) kepada media, Selasa (17-08-2021).

Selain komunitas media siber, Gusti berharap kehadiran token CYN dapat diterima oleh komunitas dan investor crypto di Indonesia.

“Harapannya, komunitas crypto juga akan mendukung kehadiran token CYN ini,” ujar Gusti lagi.

Menurut gusti, token CYN diciptakan berdasarkan pengalaman dalam mengelola media siber di Indonesia. Kesulitan dalam pembiayaan media siber, akan mempengaruhi independensi media.

“Berdasarkan pengalaman, butuh waktu selama dua tahun agar sebuah media siber dapat bertahan. Selama dua tahun tersebut, kita juga harus melalui fase bakar uang untuk menjalankan operasional perusahaan, seperti bayar domain dan hosting, bayar gaji karyawan dan wartawan,” jelas Gusti.

Berdasarkan white paper versi 1 yang di rilis di website resmi token crypto CYN, salah satu manfaat token CYN adalah mendukung keberlangsung media siber dengan melibatkan organisasi yang menjadi konstituen dewan pers.

“Di roadmap yang kita susun memang begitu. Semua organisasi yang menjadi konstituen dewan pers seperti SMSI, AMSI, PWI dan lainnya akan kita libatkan. Termasuk organisasi yang belum menjadi konstituen dewan pers, kita akan libatkan juga. Skema yang kita tawarkan jelas, dengan didukung komunitas pers kemudian token CYN akan memiliki nilai dan diterima trader crypto didalam maupun luar negeri, sehingga dapat dperdagangkan di bursa crypto. Dan pada akhirnya, komunitas media siber yang memiliki token CYN yang telah kita bagi melalui mekanisme private sale dapat menjualnya dengan harga pasar,” urai Gusti.

Terkait pembelian token CYN yang telah diterbitkan, CEO Cyber Network menjelaskan kalau token CYN dapat di beli di aplikasi JustSwap.

“Token CYN dapat dibeli di aplikasi JustSwap dengan menggunakan koin TRX. Harga CYN saat ini masih sangat murah 1 koin Tron (TRX) seharga 1.300 CYN dan akan semakin mahal jika peminatnya banyak,” jelasnya.

Terkait banyaknya penipuan yang mengatasnamakan token crypto, Gusti dengan tegas menjelaskan bahwa penipuan biasa terjadi melalui mekanisme private sale.

“CYN akan didesign berkembang dengan mekanisme pasar. Tidak ada transaksi jual beli token CYN tanpa melalui platform resmi seperti JustSwap atau DEX (Desentralisasi Exchange) dan Exchange resmi seperti Indodax dan Toko Crypto. Terkait listing di Exchange resmi, kita menargetkan tahun 2024 berdasarkan roadmap. Tapi tidak menutup kemungkinan lebih cepat jika komunitas dalam dan luar negeri mendukung kehadiran token CYN,” tegas Gusti.

Menanggapi token CYN, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu, Wibowo Susilo menyambut dengan baik.

“Saya pikir, token crypto CYN merupakan terobosan yang revolusioner untuk masa depan media di Indonesia. Semoga semua rencana berjalan dengan baik sesuai roadmap yang telah disusun,” ucap Wibowo Susilo kepada media, Rabu, (17/08/2021).

Menurut Wibowo, trend pengguna cryptocurrency di Indonesia yang semakin bertambah akan membantu berkembangnya token CYN.

“Jika didukung komunitas media siber dan pengguna crypto, tentu token CYN akan semakin cepat berkembang dan dapat membantu perkembangan media siber,” harap Wibowo. (A1)