Belum Jadi Wakil Gubernur, Sandiaga Uno Lantik Ibu Ini

Jakarta – Calon wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno melanjutkan kampanyenya Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Senin (19/12/2016).

Uniknya, kampanye diisi dengan melantik seorang ibu yang bernama Sutini karena dianggap sukses menggalang dukungan untuk Anies-Sandi di tingkat RT menjadi koordinator RW. Penyematan tersebut dilakukan Sandiaga secara simbolis dengan memakaikan kemeja seragam Anies-Sandi.

“Saya baru melantik Kor RW (Koordinator RW). Sebelumnya, beliauadalah Kor RT, tapi berhasil mengumpulkan di level RTnya mencukupi dari pada kuotanya. Akhirnya dia bisa naik pangkat,” ujar Sandiaga kepada wartawan disela-sela kampanyenya.

Sandiaga memberikan seragam kemeja putih dengan garis list biru. Ini diberikan khusus kepada relawan yang sukses menggalang massa di tingkat RT.

“Jadi kalau naik pangkat bajunya ganti, yang tadinya kaos polo biasa seperti baju putih dengan kerah, kalau dia naik jadi Kor RW akan ada kemeja list birunya. Terus nanti kalau dia naik lagi di level kelurahan, di level kecamatan nanti ada seragamnya yang lain,” ujar Sandiaga lagi.

Calon wakil Gubernur dengan harta kekayaan terbanyak ini mengatakan bahwa untuk menjadi koordinator RW, relawan terlebih dahulu harus mengumpulkan pendukung hingga 70 orang di RT-nya. Dia kemudian harus bergerak di tingkat RW untuk menggalang 50 persen dari jumlah RT.

“Per RW tentunya, kalau misalnya per RW biasanya kan RT sampai rata-rata 17, jadi mereka berangkat dulu dari Kor RT, di Kor RTnya target mereka bisa mengumpulkan sampai 70 per RT mereka akan naik,” ujar Sandiaga menjelaskan strategi cara relawannya merekrut warga menjadi relawan.

“Dan mereka nanti akan bergerak ke level RWnya berapa RT yang bisa dikumpulkan, kalau sudah bisa 50 persen mereka akan naik jadi Kor RW,” ujar Sandiaga.

Menurutnya, relawan dengan jenjang pangkat tersebut dikatakatan Sandiaga mengikat dan dapat meningkatkan semangat relawan.

“Jadi ini merupakan relawan berbasis ikatan yang betul-betul membangkitkan semangat mereka. Karena begitu mereka bisa mengumpulkan di bawahnya, mereka akan otomatis naik pangkat,” tegas Sandiaga. (Net/A1)