Menko Puan Berharap Sinergi Swasta Dukung Pendidikan di Indonesia Melalui Beasiswa

Jakarta – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berharap sinergi dari pihak swasta atau organisasi lainnya untuk mendukung pendidikan di Indonesia melalui pemberian beasiswa.

Puan yang menerima 150 mahasiswa Program Teladan dari Tanoto Foundation dalam acara pengukuhan di kantor Kemenko PMK Jakarta, Selasa, mengatakan pemerintah tidak bisa sendirian dalam mempercepat peningkatan sumber daya manusia Indonesia melainkan perlu dukungan pihak lain.

”Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, menyadari bahwa saat ini Indonesia membutuhkan banyak pemimpin muda yang bisa menjadi teladan untuk masyarakat, sehingga mereka dapat mendorong kemajuan bagi bangsa ini,” kata Menko PMK.

Puan mengapresiasi Tanoto Foundation dalam mendukung terbentuknya generasi pemimpin masa depan, melalui pemberian beasiswa dan pelatihan-pelatihan kepemimpinan.

“Secara resmi kita mempunyai 150 calon pemimpin masa depan Indonesia dalam program Teladan. Program ini adalah bentuk komitmen kami dalam mendukung pengembangan komunitas pemimpin yang memberikan dampak positif bagi masyarakat,” kata CEO Global Tanoto Foundation J. Satrijo Tanudjojo.

Melalui program ini, lanjut Satrijo, Tanoto Foundation memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi untuk mengembangkan potensinya melalui pelatihan kepemimpinan terstruktur, memberikan dorongan untuk aktif menjalankan kegiatan sosial, juga kesempatan untuk belajar dan membangun jejaring di luar negeri. “Kami berharap mereka menjadi pemimpin yang peduli, berwawasan internasional, dan bertanggung jawab,” kata dia.

Peserta program Teladan, atau yang dikenal dengan Tanoto Scholars, akan mendapat pelatihan terpadu sejak tahun pertama kuliah. Mereka juga mendapatkan beasiswa penuh dan uang saku setiap bulan hingga semester delapan.

Program yang telah dibuka sejak September 2018 ini telah diikuti oleh lebih dari 6.800 pendaftar yang mengikuti tiga tahap seleksi, yaitu administrasi, tes psikologi, dan wawancara.

Program Teladan merupakan pengembangan dari program kepemimpinan Tanoto Foundation yang telah dimulai sejak 2006. Hingga saat ini, program kepemimpinan ini telah memberi dukungan kepada lebih dari 7.500 mahasiswa. (Ant)