Kemenko PMK Susun Kegiatan Prioritas Bidang Pendidikan Tahun 2019

Jakarta – Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2018 tentang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019, Pemerintah telah menetapkan prioritas nasional, program prioritas, dan kegiatan prioritas beserta sasarannya pada 2019.

Terkait hal tersebut, hari ini Asisten Deputi Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kemenko PMK, Sahlan, mengundang sejumlah pihak terkait untuk melakukan sinkronisasi Program Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan di Kementerian Agama.

“Anggaran Pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2019 ini berjumlah Rp2.461,1 triliun, dengan anggaran di bidang pendidikan sebesar Rp492,5 triliun. Anggaran ini naik dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp444,1 triliun,” Ujar Sahlan.

“Anggaran pendidikan ini digunakan untuk Program Indonesia Pintar dengan sasaran sebanyak 20,1 juta siswa, pembangunan/ rehab sekolah/ ruang kelas sebanyak 56.100 sekolah, bantuan operasional sekolah (BOS) kepada 57 juta siswa, dan beasiswa bidik misi kepada 471.800 mahasiswa,” Ujarnya.

Sementara itu, di Kementerian Agama sendiri, total anggaran di tahun 2019 ini sebesar Rp62.066 triliun, dengan Rp10.142 di antaranya yang akan digunakan untuk pendidikan agama.

Rapat diadakan untuk membicarakan sejumlah agenda, antara lain mensikronkan dan mendapatkan informasi serta data terkait kegiatan prioritas tahun 2019 yang telah ditetapkan pada Kementerian Agama melalui dirjen-dirjen yang melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan serta menguatkan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pada kebijakan pendidikan agama dan pendidikan keagamaan.

Hadir dalam rapat perwakilan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Budha, Direktorat Jenderal Agama Konghucu, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (Jpp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here