Menteri Desa PDTT Minta Dana Desa Dialokasikan Untuk Pembangunan Lapangan Sepakbola

Sigi, Sulteng – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo berharap agar Rp50 juta dari dana desa dapat dialokasikan untuk pembagunan lapangan sepak bola di desa.

“Tolong dialokasikan Rp50 juta untuk membuat lapangan bola yang sederhana saja,” kata Menteri di hadapan puluhan kepala desa se Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah di Dusun Bulu Pountu Jaya, Desa Oloboju, Sabtu.

Harapan itu langsung mendapatkan tepuk tangan yang riuh dari puluhan kepala desa yang hadir dalam kegiatan itu. Salah seorang kepala desa berbisik kepada rekannya dan mengatakan bahwa menteri desa sangat mengerti akan kebutuhan masyarakat, khususnya kalangan pemuda.

Kata Menteri, jika setiap desa memiliki lapangan sepak bola, itu dapat menjadi salah satu alternatif hiburan yang murah di masyarakat.

“Kementerian Desa PDTT telah membangun kerjasama dengan kementerian olah raga, jika lapangan sepak bola sudah jadi, makan akan dibuat yang namanya liga desa atau pertandingan antar desa,” ungkapnya.

Dengan kegiatan seperti itu kata menteri, diharapkan ada satu situasi masyarakat yang berkumpul yang menyebakan perputaran ekonomi bisa terjadi.

“Kalau ada liga desa, masyarakat kumpul, ada penonton, maka ibu-ibu bisa jualan makanan, bisa souvenir, sehingga aktivitas ekonomi bisa bergerak maju,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sigi, Irwan Lapata mengatakan bahwa harapan menteri desa PDTT itu sudah sangat jelas dan masuk dalam program kementerian, sehingga tidak ada alasan pihaknya untuk tidak melaksanakannya.

“Jadi untuk Rp50 juta satu desa membangun lapangan sepak bola dana desa sangat bisa, dan itu juga akan dimasukan dalam APBDes,” kata Bupati.

Sejumlah agenda yang dilaksanakan oleh Menteri Desa PDTT, selain melaksanakan dialog bersama kepala desa dan kelompok tani se Kabupaten Sigi, juga meninjau gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sekaligus menandatangani prasasti pembangunan BUMDes “Mutia Nggaluku” di Desa Kalukubula, Kabupaten Sigi.

Sebelumnya Menteri bersama Wali Kota Palu Hidayat meresmikan salah satu jembatan di Kota Palu dan menghadiri Musyawarah Wilayah ke III Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sulawesi Tengah bersama Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here