Banda Aceh – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan sebanyak 276 pasien terinfeksi virus corona dilaporkan sembuh pada Minggu ini, dan paling banyak pasien asal Kota Banda Aceh.

“Pasien terinfeksi virus corona yang dinyatakan sembuh bertambah lagi sebanyak 276 orang di Aceh, Banda Aceh dilaporkan sebanyak 159 orang,” kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Minggu.

Selain Banda Aceh, dia melanjutkan pasien COVID-19 sembuh juga berasal dari Aceh Besar 44 orang, Gayo Lues 19 orang, Aceh Tengah dan Aceh Tamiang 13 orang, Bireuen 10 orang, serta Pidie Jaya dan Langsa sembilan orang.

Kendati banyak yang sembuh, dia juga mengajak warga untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

“Semua warga hendaknya mendukung penderita COVID-19 yang sedang isolasi mandiri di gampongnya dan mendoakan mereka segera sembuh kembali,” kata Saifullah.

Selain itu, lanjut dia, kasus baru COVID-19 bertambah 125 orang per hari ini meliputi warga Banda Aceh 25 orang, Aceh Besar 17 orang, Pidie 14 orang, Sabang dan Pidie Jaya 11 orang, Lhokseumawe dan Aceh Barat sembilan orang.

Kemudian Aceh Selatan dan Aceh Tengah empat orang, Aceh Timur dan Aceh Barat Daya tiga orang, Aceh Utara, Simeulue, Bireuen, Aceh Jaya dan Aceh Tamiang dua orang, serta Langsa, Bener Meriah, Nagan Raya, Gayo Lues dan Aceh Tenggara satu orang.

Selain itu juga penambahan 11 orang pasien COVID-19 di Aceh yang meninggal dunia dalam laporan per hari ini yakni Aceh Tengah dan Banda Aceh tiga orang, Bireuen dua orang, dan Aceh Tamiang, Lhokseumawe serta Langsa satu orang.

Hingga Minggu, secara akumulatif kasus COVID-19 Aceh telah mencapai 35.909 orang, di antaranya pasien yang sedang dirawat 5.879 orang, pasien yang telah sembuh 28.337 orang, sedangkan meninggal dunia sudah mencapai 1.693 orang. (Ant)