Demam Kuning di Nigeria Jadi Fokus WHO

Jenewa – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membantu kegiatan vaksinasi di Nigeria untuk mengimunisasi lebih dari 874.000 orang terhadap demam kuning.

Pemerintah Nigeria telah melancarkan kegiatan 10-hari yang dimulai pada Jumat untuk mengimunisasi 873.837 orang terhadap demam kuning di Negara Bagian Kwara dan Kogi, yang masing-masing berada di bagian barat dan tengah Nigeria. Wabah terakhir demam kuning di Nigeria dilaporkan pada 2002, dengan 20 kasus dan 11 kematian.

Kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 20 pekerja kesehatan dan relawan untuk membidik warga yang berusia dari sembilan bulan sampai 45 tahun. WHO telah bekerjasama dengan lembaga kesehatan lokal dalam pelaksanaannya.

“Kegiatan ini bertujuan menjamin orang yang tinggal di daerah beresiko tinggi dilindungi dari demam kuning, dan untuk mencegah penyakit tersebut menyebar ke bagian lain negeri ini,” kata Wakil WHO di Nigeria Dr. Wondimagegnehu Alemu.

Nigeria telah meminta bantuan dari Kelompok Koordinasi Internasional dalam pembagian vaksin untuk menghadapi demam kuning. Simpanan enam juga vaksin global tersedia buat semua negara untuk mengaksesnya dengan dukungan Gavi, Vaccine Alliance.

WHO dan mitra kesehatannya telah mendukung upaya Nigeria untuk menanggapi wabah itu sejak kasus pertama demam kuning dikonfirmasi di Negara Bagian Kwara pada 12 September. Sejak itu, WHO telah mengerahkan ahli ke negara tersebut untuk mendukung upaya pengawasan dan penyelidikan, pemeriksaan laboratorium, kegiatan kesehatan masyarakat, dan keterlibatan dengan masyarakat yang beresiko. (Ant)