35 Petugas Kesehatan di Depok Dilatih FKM UI Menggunakan HEAT PLUS

Depok – Sebanyak 35 Petugas kesehatan yang ada Depok dilatih untuk menganalisis masalah kesehatan disekitar wilayah puskesmas dengan mengunakan aplikasi Health Equity Assessment Toolkit (Heat Plus), dari World Health Organization (WHO).

Dalam keterangannya, Wakil Dekan I Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc mengatakan bahwa aplikasi Heat Plus adalah alat yang dapat digunakan untuk mempermudah petugas kesehatan di Puskesmas menganalisis kesehatan. Sehingga, program kedepan bisa lebih baik dan terperinci atau lebih tajam.

“Software ini sudah dikembangkan sejak tahun 2015. Dan di tahun 2017 telah dilakukan perbaikan sehingga untuk melakukan input data dan menganalisis sudah disediakan ukurannya,” ujar Sabarinah kepada media.

Menurutnya, aplikasi ini sangat praktis dan bisa diunduh di website WHO.

“Di aplikasi ini ada indikantor kira sama atau beda. Cuma saja ini belum populer di bidang kesehatan. Makanya kami berikan cara pengunaan aplikasi ini,” Ujar Sabarinah lagi.

Selain itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Depok, May Haryanti mengapresiasi FKM UI memberikan latihan pengunaan aplikasi tersebut.

“Kami harap aplikasi ini dapat dipraktekkan dan mempermudah kerja para petugas Puskesmas di Depok,” Ujarnya. (Prwr)