Selama Pandemi Corona J.K. Rowling Akan Lepas “Harry Potter” dari Hak Cipta

Penulis J.K Rowling pada sebuah pegelaran Harry Potter. Sumber: Istimewa

Edinburgh – Penulis J.K. Rowling melepas hak cipta atas novelnya “Harry Potter” guna membantu para guru di seluruh belahan dunia selama pandemi virus corona (COVID-19)

Mengikuti saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyarankan orang untuk berlatih menjaga jarak sosial dan tinggal di rumah dalam upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19, sekolah-sekolah di seluruh dunia telah ditutup dengan siswa yang belajar dari rumah.

Dalam upaya untuk membantu agar anak-anak tetap terlibat, penulis berusia 54 tahun itu mengumumkan melalui situs resminya bahwa untuk pertama kalinya ia melepas hak ciptanya dan tidak akan ada tuntutan.

“Para guru di mana saja di dunia diizinkan mengunggah video yang mereka baca sendiri dari buku Harry Potter 1-7 ke jaringan yang aman atau platform pendidikan tertutup mulai hari ini hingga akhir tahun sekolah (atau akhir Juli di belahan bumi selatan),” ujar Rowling dilansir Aceshowbiz, Selasa (24/3/20).

Penulis ini menggoda bahwa konsesi khusus ini hanyalah yang pertama dari beberapa inisiatif yang direncanakan untuk membantu membawa “Harry Potter” kepada anak-anak di rumah.

Wabah COVID-19 telah melihat lebih dari 328.000 kasus virus terdaftar di seluruh dunia, mengakibatkan korban tewas lebih dari 14.300, sejak dimulai pada Desember (19). (Aceshowbiz/Antara)