Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi saat liburan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 1-3 Desember, volume lalu lintas melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama akan meningkat 31,14 persen.

“Prediksi kami naik sebesar itu. Puncak arus mudik melalui GT Cikarang Utama arah Jakarta terjadi pada H-1 yakni Kamis 30 November 2017,” kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru.

Menurut dia, volume lalu lintas akan meningkat sebanyak 98.065 kendaraan. Artinya, volume lalu lintas di GT Cikarang Utama naik sebesar 31,13 persen dari lalu lintas (lalin) normal sebesar 74.785 kendaraan.

Oleh karena itu, lanjut Heru, sejumlah langkah antisipasi sudah disiapkan beberapa upaya antara lain, pertama berupa singkronisasi pelaksanaan tahapan pekerjaan sejumlah proyek di ruas ini.

“Bisa juga pengaturan distribusi atau pengurangan beban lalu lintas pada kondisi jam puncak dengan pengalihan rute perjalanan di tol dan atau ke jalan arteri alternatif,” katanya.

Selain itu, peningkatan kapasitas lajur dengan rekayasa lalu lintas “contraflow” atas diskresi pihak kepolisian. “Kapasitas GT Cikarang Utama dengan menggunakan gardu bolak balik dan gardu bergerak di GT Cikarang Utama pada jam-jam padat menjadi 20 gardu masuk dan 31 gardu keluar,” katanya.

Pengaturan dengan buka tutup di tempat istirahat saat terjadi kepadatan dan pengoperasian kantung parking (parking bay) di Km 18 A, Km 41 A, Km 59 A, Km 58 B dan Km 34 B.

Terakhir, kata Heru, memaksimalkan fungsi media komunikasi antara lain twitter dan JMCARe. “Pengguna lalin juga harus siap. Cek kendaraan dan pastikan uang elektronik pastikan cukup,” kata Dwimawan Heru. (Ant)