Kadin Salurkan 100 Ribu Alat Tes Cepat Corona Pada Pemprov Jakarta

Potret suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sumber: Istimewa

Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyalurkan 100 ribu alat tes cepat virus corona (COVID-19) atau (Rapid Test) pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Ketua Kadin Indonesia Rosan Roslani kepada Gubernur DKI Anies Baswedan di Pendopo Balai Kota Jakarta, Jumat (3/4).

Selain itu, bantuan lainnya, yakni 105 ribu masker dan 300 alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis di rumah sakit. Unilever melalui Kadin juga memberi bantuan berupa produk-produknya senilai Rp10 miliar.

“Ini merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya pemerintah,” ujar Rosan.

Rosan menjelaskan, bantuan itu sebagian sudah diserahkan dan sebagian lagi dalam proses penyerahan. Bantuan itu merupakan kontribusi dari pengusaha dan dunia usaha untuk mendukung penanganan COVID-19.

Dia berharap persatuan untuk penanganan COVID-19 dapat terus terbina. Saat ini
merupakan masa-masa yang sangat sulit sehingga rasa kebersamaan dan persatuan sangat dibutuhkan.

“Kami sangat mengapresiasi gubernur DKI yang terus bekerja untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga Jakarta,” kata Rosan.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, dukungan dari dunia usaha sudah datang sejak awal. Salah satunya APD yang sangat dibutuhkan tenaga medis.

“Alat tes cepat sudah dimanfaatkan, bukan hanya Pemprov DKI tetapi tetangga sekitar turut memanfaatkan,” kata Anies.

Anies menyatakan ini merupakan tantangan kemanusiaan, bukan hanya di Indonesia tetapi seluruh dunia sehingga dibutuhkan solidaritas untuk saling mendukung dan membantu. (Ant)