Timika – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Timika mencanangkan Bhintuka di Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Timika Ahmad Fauze Usman mengatakan, Bhintuka dipilih sebagai contoh desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan karena warga desa tersebut relatif beragam.

“Untuk Bhintuka, kepala desa, Sekretaris dan para kepala urusannya sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, namun juga yang terutama masyarakatnya dan itu yang nanti kami dampingi terus agar mereka terdaftar,” kata Ahmad.

Sasaran BPJS Ketenagakerjaan melalui program desa sadar jaminan sosial tersebut yakni menjangkau kepesertaan dari masyarakat Mimika secara umum khususnya angkatan kerja informal yang rata-rata berada di daerah pedesaan pesisir dan pedalalam.

Untuk memperluas jangkauan program tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Timika mengagendakan sosialisasi kepada semua aparat desa, kelurahan dan distrik di wilayah itu pada November mendatang sehingga membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kemungkinan nanti kita akan undang dulu para aparat kampung, distrik dan kelurahan yang dekat kota dulu atau yang bisa dijangkau,” ujarnya.

“Intinya masyarakat pekerja informal minimal memiliki jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dengan biaya yang cukup murah yaitu Rp 16.800, terdiri dari Rp10 ribu untuk kecelakaan kerja dan Rp6.800 untuk jaminan kematian,” tutur Ahmad.

BPJS Ketenagakerjaan Timika berharap agar seluruh warga Mimika baik di sektor informal maupun formal terjangkau jaminan sosial ketenagakerjaan mengingat angkatan kerja di wilayah itu cukup tinggi apa lagi di sektor informal.

“Petani, tukang ojek dan pedagang sebagian besar belum terlindungi, kami berharap desa Bhintuka menjadi contoh untuk memberikan arahan kepada masyarakat kampung tentang pentingnya program ini,” katanya.

Ahmad juga mengatakan, pihaknya akan terus mendampingi masyarakat dengan memberikan pelayanan yang mudah dan dekat sehingga warga terbantu untuk mengurus jaminan sosial dimaksud.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Ausilius You mengatakan Pemkab Mimika mendukung sepenuhnya program tersebut karena dinilai sangat penting dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Ia juga mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat dari semua sektor sekiranya mendaftarkan diri dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan program jaminan kecelakaan, kematian, hari tua maupun jaminan pensiun.

Pencanangan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan di desa Bhintuka tersebut ditandai dengan pengguntingan pita papan nama kampung sadar jaminan sosial oleh Sekda Mimika dan penandatanganan kerja sama oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Timika dan Kepala Kampung Bhintuka disaksikan seratusan warga yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut. (Ant)